18 January 2015

Votum, Apa Itu?

Di setiap ibadah Minggu pendeta atau pemimpin ibadah selalu memulainya dengan Votum. Apa sesungguhnya arti dan fungsi Votum dalam ibadah?

 Votum adalah  kalimat pendek berupa deklarasi atau proklamasi (penetapan) kehadiran Allah di tengah umat-Nya. Bahwa pertemuan ibadah berlangsung “dalam nama Tuhan.”

Votum adalah juga  sebuah pengakuan. Dalam bahasa Inggris kita mengenal kata vote, yang sering dikaitkan dengan pemilihan umum. Kata Votum berakar dari bahasa yang sama dengan vote.

Votum di sini  berarti pengesahan/dukungan suara. Jadi ketika votum itu dinyatakan, itulah pernyataan dari Allah yang menunjukkan bahwa Allah-lah yang menjadi sumber dari segala pertolongan umat.

Votum yang menyatakan bahwa “Pertolongan kita berasal dari Tuhan, pencipta langit dan bumi” (atau dengan pernyataan yang lain), ialah  pernyataan pengkhotbah yang mewakili Allah di hadapan umat.

Dalam pernyataan ini maka jemaat menjawabnya dengan: “Amin… amin… amin, ” tanda percaya.

Bagaimana sikap jemaat ketika votum dinyatakan?

Jemaat dengan sikap berdiri (kecuali untuk yang tidak bisa berdiri); menunjukkan kesiapan untuk mendengar pernyataan Allah itu dan mengakuinya; dengan mengucapkan “amin”.

Ini bukan doa, karena itu bukan dengan memejamkan mata tetapi menunduk dan meresapi makna kata-kata yang diucapkan pengkhotbah dan menjawabnya dengan penuh keyakinan.

(Disajikan dalam Seri Pembinaan Warta Jemaat 18 Januari 2015, dipetik dari www.suplemengki.com dan www.gkipi.com)
 

No comments:

Post a Comment