24 May 2015

Liturgi Pengucapan Syukur Amartya


Pdt Yerusa Agustini 
Putri kami, Amartya Elisa Siadari, melaksanakan Pengakuan Iman Percaya (Sidi) di GKI Sarua Indah pada 24 Mei 2015. Kami mensyukurinya.

Di rumah pada siang harinya, kami mengadakan syukuran kecil dengan mengundang handai-tolan dan sahabat, dalam sebuah ibadah persekutuan doa keluarga pengucapan syukur. Inilah liturgi yang dipakai pada ibadah tersebut, yang dilayani oleh Pdt. Yerusa Agustini Maria.



 Liturgi Persekutuan Doa Keluarga Pengucapan Syukur
atas telah melaksanakan Pengakuan Iman Percaya
Amartya Elisa Siadari
Putri dari keluarga Pnt. Eben Ezer Siadari

Minggu, 24 Januari 2015, Vila Dago Tol Blok A1/12
Sarua, Ciputat

Dilayani oleh
Pdt. Yerusa Agustini Maria M.Pd
GKI Sarua Indah

1. PEMBUKAAN : Bp. Robin Siadari (Keluarga)
Selamat siang, terpujilah Tuhan, atas nama keluarga besar Siadari kami mengucapkan selamat datang kepada ibu dan bapak yang berkenan hadir di rumah ini pada hari ini. 

Tadi pagi atas perkenan Tuhan di GKI Sarua Indah telah dilaksanakan pengakuan percaya (Sidi) dan Sidi Baptis kepada sejumlah pribadi dalam ibadah yang dilayankan oleh Pdt Yerusa Agustini Maria. Mereka melaksanakan pengakuan percaya setelah hampir setahun menjalani katekisasi. Putri dari keluarga Siadari, yaitu Amartya Elisa Siadari, salah satu diantaranya.

Keluarga Siadari merasa bersyukur atas telah berlangsungnya pengakuan percaya tersebut, yang menandakan satu tahap lagi perjalanan iman dari anggota keluarga ini telah dilalui. Dan keluarga ini meyakini, sama seperti juga kami percaya adalah keyakinan kita bersama, bahwa penyertaan Tuhan tetap kita harapkan dan perlukan dalam perjalanan iman Amartya dan kita semua, selanjutnya dan seterusnya.

Itu juga alasan kita berkumpul hari ini. Untuk bersama-sama berdoa, mengucap syukur pada Tuhan dan juga memberikan petuah dan nasihat kepada yang baru saja melaksanakan pengakuan iman percaya, agar semakin diteguhkan dan dikuatkan dalam iman yang telah diakuinya.

Untuk memulai persekutuan kita pada siang hari ini, marilah kita bernyanyi dari Kidung Jemaat No 18:1-2.

2. KJ No:18:1-2: Allah Hadir Bagi Kita
Allah hadir bagi kita
dan hendak memb’ri berkat
Melimpahkan kuasa RohNya
bagai hujan yang lebat

Reff
Dengan Roh Kudus ya Tuhan
umatMu berkatilah
Baharui hati kami
o curahkan kurnia

Allah hadir sungguh hadir
Di jemaatNya yang kudus
Biar kasih kurniaNya
Menyegarkan kita t’rus
Reff

3.DOA PEMBUKA. (Pnt J. Hutagalung, GKI Sarua Indah)
Untuk meminta bimbingan Tuhan agar persekutuan kita hari ini berkenan dihadapanNya, marilah kita membukanya dengan doa yang akan dipimpin oleh penatua GKI Sarua Indah

4.MANDOK HATA/MARSAHAP/MENYAMPAIKAN NASIHAT
Dalam tradisi Keluarga Siadari sebagaimana juga umumnya dalam tradisi Batak yang sangat dipengaruhi Kekristenan, pertemuan-pertemuan keluarga merayakan dan memperingati peristiwa yang dianggap penting, selalu disediakan kesempatan untuk menyampaikan ucapan selamat, nasihat dan firman Tuhan.

Acara yang demikian memang sering dinilai agak berpanjang-panjang dan bertele-tele. Namun kiranya ibu dan bapak berkenan dan sabar mengikutinya. Sebab, dalam beberapa hal tradisi ini kami pandang baik, selain berguna meneruskan nilai-nilai luhur di dalam keluarga ia juga menjadi simbol bahwa tiap kita adalah bersaudara dalam kasih Tuhan, oleh karenanya pula saling nasihat-menasihati, saling mendukung dan menguatkan diperlukan dan diharuskan.

Karena itu pada kesempatan ini kami memohon perkenan ibu dan bapak untuk menyampaikan pesan, petuah dan nasihat kepada anak kami Amartya Elisa Siadari dan juga kepada kedua orang tuanya sehingga iman percaya yang telah dipersaksikannya hari ini semakin diteguhkan dan berbuah dalam kehidupannya sekarang dan nanti.

Sesuai dengan tradisi pula, maka Mandok Hata kali ini akan dimulai dari:

4.1. Dongan Sahuta atau Hasoman Sahuta (Kawan satu kampung) Punguan Parsahutaon Vila Dago Tol. (Bp.Tambunan, Vila Dago Tol)
4.2. Dongan Sahuria atau Hasoman Sakuria (Kawan satu gereja) Majelis Jemaat GKI Sarua Indah (Pnt. E.Marino, GKI Sarua Indah)
4.3. Hula-hula/Tondong, Keluarga Damanik (J.H. Damanik)
4.4. Keluarga Siadari (Dimulai dari boru dilanjutkan kepada Keluarga besar Op. Raja Sinuksuk) (Dipimpin oleh Drs. M.B.Siadari MPIA, dimulai dari  Ny. G. Situmorang Br. Siadari, Ny. R. Panjaitan Br. Siadari, Ny. B. Sitompul Br. Siadari, Ny. R. Siadari Br. Pasaribu, M. Siadari).

5. MANGAMPU

Setelah serangkaian pesan, petuah dan nasihat telah disampaikan, maka kini tiba saatnya bagi Keluarga Bp. Eben Siadari untuk menyambut dan mengaminkan pesan dan nasihat tersebut. Dalam tradisi Batak hal ini disebut Mangampu.
Dimulai dari: Ny W.Siadari Br Damanik (Op Amartya Boru), W.Siadari (Op. Amartya Doli), Amartya E. Siadari dan Eben Ezer Siadari.

Dilanjutkan dengan memberikan ulos kepada Ibu Pendeta.

6. MENYAMBUT FIRMAN TUHAN
Rangkaian dari persekutuan kita pada hari ini akan digenapi dan dipuncaki oleh petuah dan nasihat Agung dari Tuhan kita sendiri, yang akan kita dengarkan melalui Firman Tuhan yang akan disampaikan oleh ibu Pdt Yerusa Maria Agustini. Untuk mempersiapkan hati kita, mari kita bernyanyi dari KJ 480:1-2: Di Jalanku Kudiiring

KJ 408:1-2: Di Jalanku Kudiiring
Di jalanku ku diiring
Oleh Yesus Tuhanku
Apakah yang kurang lagi
Jika Dia Panduku
Diberi damai sorgawi
asal imanku teguh
Suka duka dipakaiNya
Untuk kebaikanku
Suka-duka dipakaiNya
Untuk kebaikanku


Di jalanku yang berliku
dihiburNya hatiku
bila tiba pencobaan
dikuatkan imanku
Jika aku kehausan
Dan langkahku tak tetap
Dari cadas di depanku
Datang air yang sedap
Dari cadas di depanku
Datang air yang sedap

7.KHOTBAH. Dilayani oleh Pdt Yerusa Maria Agustini STh, MPd.



8.MENYAMBUT FIRMAN TUHAN DAN PERSEMBAHAN

Sebagai sambutan atas firman Tuhan dan juga sebagai bagian dari ucapan syukur kita, maka kita akan bernyanyi dari NKB 119:1-2. Sambil kita bernyanyi akan diedarkan kantong persembahan, dan atas perkanan bapak/ibu, persembahan yang terkumpul hari ini akan disalurkan kepada GKI Sarua Indah.

NKB 119: 1-2 Nyanyikan Lagi Bagiku
Nyanyikan lagi  bagiku Firman Kehidupan
Sungguh mulia dan merdu Firman Kehidupan
Firman yang terindah ajarku setia
Reff
Indah benar, ajaib benar, Firman Kehidupan
Indah benar, ajaib benar, Firman Kehidupan

Kristus memberi dunia Firman Kehidupan
Hai pendosa dengarkanlah, Firman Kehidupan
Bagimu angu’grah diberi berlimpah
Reff

9. DOA SYAFAAT, DOA PERSEMBAHAN dan DOA PENUTUP: Pdt Yerusa Agustini Maria STh, MPd.

Selesai

Keluarga Pnt Eben Ezer Siadari mengucapkan terimakasih atas kehadiran ibu dan bapak pada acara hari ini. Tuhan memberkati.


No comments:

Post a Comment